Rekomendasi Penanganan Katarak Sekunder di Lamongan

Rekomendasi Penanganan Katarak Sekunder di Lamongan

Penanganan Katarak Sekunder di Lamongan terbaik untuk Anda. Hal tidak terduga jika Anda mengidap katarak sekunder. Perlu adanya penanganan khusus dan berkala. Pusat Katarak akan memberikan rekomendasi tempat yang cocok untuk Anda jadikan sebagai sarana penyembuhan katarak dan gangguan penglihatan pada mata. Berikut merupakan ulasan yang penting untuk Anda baca!

Baca Juga

Operasi Katarak Sembuhkan Minus dan Silinder

Katarak

Katarak adalah kondisi abnormal yang menyerang pada lensa mata manusia, di mana terjadi perubahan kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan menjadi buram sehingga beresiko kebutaan. Pada umumnya mata manusia dapat melihat dengan jernih, dan mampu menerima cahaya/sinar yang kemudian direfleksikan menuju ke retina atau  saraf mata.

Penderita katarak biasanya lambat menyadari bahwa penglihatannya memburuk dan sudah mencapai tahap yang mengkhawatirkan. Hal ini akan berpengaruh terhadap proses penyembuhan katarak yang akan dilakukan. Berikut tahap penyembuhan  yang perlu dilakukan oleh penderita katarak. Konsultasi dokter mata, langkah awal yang harus dilakukan oleh penderita katarak adalah konsultasi ke dokter mata agar mengetahui lebih spesifik katarak yang diderita. 

Dokter mata akan memeriksa lebih lanjut kondisi mata dari pasien. Jika ternyata hasil dari pemeriksaan pasien dinyatakan hanya mengalami Kelainan Refraksi dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan lasik. 

Operasi Lasik (Laser Assisted in Situ Keratomileusis) adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk membentuk lengkungan pada kornea mata. Operasi lasik bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien yang menderita gangguan penglihatan.

Baca Juga

Operasi Katarak

Katarak sekunder

Penanganan katarak sekunder di Lamongan oleh Pasien yang telah menjalani operasi katarak dilakukan untuk mengangkat lensa mata yang keruh diganti dengan lensa buatan yang menyerupai lensa asli. Setelah itu, pasien dapat segera pulih dari kondisi pasca operasi dengan waktu yang relatif singkat. Namun, ditemukan dalam 20-30% kasus setelah  berbulan-bulan atau bertahun-tahun operasi katarak pasca operasi pasien mengidap katarak sekunder.

Katarak sekunder merupakan kondisi penglihatan menjadi buram atau kabur yang disebabkan oleh partikel kecil atau sel-sel yang tertinggal selama operasi katarak. Katarak sekunder atau yang bisa disebut juga kekeruhan kapsul posterior (posterior capsular opacification/PCO). Ditandai dengan adanya kekeruhan pada kantung belakang lensa sehingga menyebabkan penurunan tajam pada penglihatan. Kantong belakang lensa sengaja ditinggalkan saat operasi katarak sebelumnya sebagai tempat untuk menempatkan lensa tanam. 

Beberapa orang yang apabila dilakukan operasi katarak akan memiliki kecenderungan untuk terjadi katarak sekunder, antara lain:

  • 1. Pasien usia muda pada saat dioperasi katarak
  • 2. Penderita penyakit penyerta berupa diabetes melitus dan uveitis
  • 3. Pada saat operasi terdapat sisa material lensa di dalam mata
  •  
  • Jenis dan desain lensa tanam yang digunakan walau ini masih dapat diperdebatkan. Dikatakan bahwa lensa tanam dengan pinggiran persegi (square edge) akan menurunkan resiko terjadinya katarak sekunder.

Bila terjadi PCO dapat dengan mudah diterapi dengan tindakan yang tidak terlalu invasif yang disebut dengan laser Nd YAG capsulotomy. Penanganan katarak sekunder di Lamongan bisa dilakukan di KMU Lamongan.

Baca Juga

Katarak Sekunder

Nd Yag Laser

Terapi laser Nd YAG kapsulotomi adalah singkatan dari neodymium, yttrium, alumunium, dan garnet yang merupakan material dipakai untuk laser dapat berfungsi sempurna dan membuka membran. Kapsulotomi berarti pembuatan lubang pada kapsul dalam hal ini kapsul posterior lensa. 

Penatalaksanaannya sangat sederhana dan dilakukan di ruang poli tanpa rawat inap dimana pasien hanya diminta untuk memposisikan kepala di alat yang tersedia lalu diberikan sinar laser pada kapsul posterior lensa. Teknik ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit dan tidak menyakitkan bagi pasien. Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat terapi penanganan katarak sekunder di Lamongan karena laser ini, sudah tersedia di KMU Lamongan. 

Baca Juga

Tahapan Pemeriksaan Katarak

KMU Lamongan

Klinik Mata Utama Lamongan merupakan satu-satunya tempat penanganan katarak sekunder di Lamongan. Memiliki alat pemeriksaan mata dengan fasilitas terlengkap yang ada di Lamongan. KMU Lamongan menjadi tempat satu-satunya penyedia alat Nd Yag Laser. Memiliki puluhan dokter yang berpengalaman menangani katarak selama bertahun-tahun dan memprioritaskan kesembuhan pasien. Klinik yang beralamatkan di ruko permata, Dapur Utara, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan. Buka setiap hari Senin-Minggu dari jam 08.00-21.00. Untuk mempermudah layanan Anda dapat menghubungi nomor  (0322) 319256 pada jam operasional. 

Ayo Segera lakukan pemeriksaan Mata!

Kunjungi dokter mata terdekat di kota Anda. Penanganan katarak sekunder di Lamongan ada di KMU Lamongan. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui kondisi mata Anda. Deteksi sejak dini katarak pada mata agar dapat disembuhkan dengan cepat. Simak pula berita ter-update mengenai katarak jika beruntung bisa mendapatkan penanganan operasi katarak gratis.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Aplikasi Facebook Suite Beserta Fiturnya

4 Rekomendasi Model Sepatu Wanita dan Fungsinya

Metode Mengukur Celana : Kaye Brothers Tailor Part 4