10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan - Kota Batu Jawa Timur

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Tahukah Anda, selain dagingnya yang enak, susu hewan ini juga tak kalah nikmat untuk dikonsumsi. Bukan hanya sekedar rasa, kandungan dan manfaat susu kambing dalam bentuk murninya bisa menjadi pengganti susu maupun susu nabati.

 

Susu kambing memiliki jumlah kalsium, protein, dan zat penting lainnya yang lebih tinggi bagi tubuh dibandingkan susu sapi yang dikonsumsi dengan berbagai cara. Menurut laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), berikut adalah studi perbandingan kandungan nutrisi dalam satu cangkir (237 ml) susu kambing dan susu sapi. Berdasarkan penelitian, perbandingan susu kambing dan susu sapi jelas menunjukkan bahwa kandungan protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium pada susu kambing mengungguli susu sapi. Selain itu, kelebihan susu kambing adalah karena bermanfaat untuk pencernaan manusia, lebih mudah dicerna dan memiliki lebih banyak prebiotik yang memberi makan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan kita. Sayangnya, susu kambing murni atau turunannya sulit ditemui di pasaran. Hal ini disebabkan kapasitas produksi mereka lebih rendah dari sapi perah. Oleh karena itu, tidak heran jika susu kambing memiliki nilai jual lebih dibandingkan susu sapi. Bagi yang berminat mengganti asupan susu harian Anda dengan susu kambing, berikut 10 keuntungan minum susu kambing murni dan olahan yang wajib Anda ketahui:

 

1. Sumber protein tinggi

Protein adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk membangun jaringan dan organ, membentuk antibodi, dan berfungsi sebagai sumber energi penting bersama dengan lemak dan karbohidrat.

 

Susu kambing lebih kaya protein daripada susu sapi dan susu nabati. Kandungan protein pada susu kambing mencapai 9 gram seperti pada susu sapi 8 gram. Jika susu nabati, seperti susu kedelai mengandung sekitar 6-7 gram protein. Demikian juga, susu almond memiliki antara 0 dan 1 gram protein. Selain itu susu kambing dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda dan merupakan alternatif yang bagus untuk susu sapi. Namun, tentunya juga dibarengi dengan sumber protein lain, seperti telur, daging, dan kacang-kacangan.

 

2. Tingkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh? Ya, kandungan mineral selenium pada susu kambing memang terkenal cukup tinggi dibanding susu sapi.

 

Selenium dalam tubuh Anda bekerja sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, pentingnya selenium untuk kesehatan tidak boleh diremehkan. Karena kandungan selenium yang tinggi pada susu kambing, dapat memperkuat kemampuan tubuh untuk menahan segala variasi cuaca dan tingkat latihan sehari-hari, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Segelas susu kambing ke dalam diet Anda bisa meningkatkan kesehatan dan membuat Anda lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang setelah minum susu mengalami mulas, kembung dan diare. Selain sehat, badan jadi lemas akibat konsumsi susu. Seringkali, kondisi ini disebabkan ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa dari susu hingga alergi susu tertentu.

 

Susu kambing yang mengandung laktosa dan tinggi protein dianggap lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaannya daripada susu sapi. Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing menyebabkan lebih sedikit reaksi alergi daripada susu dari sapi. Namun ada baiknya bagi yang memiliki riwayat alergi susu untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan tenaga medis profesional demi keselamatan anak Anda. Prebiotik yang terkandung dalam susu kambing juga dapat di konsumsi bakteri baik di dalam saluran pencernaan, agar jumlahnya tetap normal atau bahkan meningkat untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Bukan hanya sebagai sumber protein, salah satu alasan orang mengonsumsi susu adalah untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Hal ini disebabkan fungsi penting kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dalam kondisi baik.

 

Berdasarkan tabel perbandingan gizi di atas 1 cangkir (237 ml) ambing kambing mengandung 327 mg kalsium. Kalsium sebanyak 51 mg lebih banyak dari yang ditemukan pada susu sapi. Dengan demikian, menambahkan susu kambing ke dalam diet Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa yang mengonsumsi sekitar 1.000 mg per hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari. Sebuah studi bahkan dari tahun 2014 di Rusia menyatakan bahwa mereka menyediakan 400 ml susu kambing per setiap hari untuk 42 manula diyakini memiliki dampak positif pada metabolisme tulang. Ini juga membantu mencegah osteoporosis ketika dipasangkan dengan terapi.

 

5. Meningkatkan kemungkinan penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang paling umum. Untuk mencegah penyakit jantung berkembang, ada banyak kebiasaan baik yang bisa diikuti, mulai dari berolahraga hingga menerapkan pola makan yang lebih sehat, salah satunya menambahkan susu kambing ke dalam pola makan sehat. susu kambing iIni adalah sumber yang kaya asam lemak tak jenuh (tunggal atau tiga) trigliserida rantai menengah (MCT) yang membantu mencegah berbagai bentuk penyakit jantung. Selain itu, kandungan magnesium pada susu kambing bermanfaat untuk menjaga detak jantung tetap normal, juga mencegah naiknya kadar kolesterol sehingga jantung bisa lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa sih yang tidak menginginkan gigi kuat dan sehat? Untuk mewujudkannya, penting untuk menyadari asupan kalsium harian Anda. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, kalsium membantu perkembangan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dari jumlah total kalsium yang diserap tubuh, sebagian besar disimpan di tulang dan gigi. Kalsium digunakan untuk membuat jaringan gigi dan menjaga kesehatan gigi. Jika tidak ingin gigi Anda rusak dan membusuk, maka perbanyaklah konsumsi minuman atau makanan yang banyak mengandung kalsium. Susu kambing bisa menjadi pilihan Anda untuk sumber kalsium harian Anda. Jumlah kalsium dalam susu kambing cukup untuk memenuhi 33% kebutuhan gizi harian, lebih besar dari susu sapi yang hanya 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung asam linoleat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa meminum susu kambing membantu mengurangi kolesterol di kantong empedu dan di arteri.

 

Dengan ini, baik orang dengan kadar kolesterol tinggi maupun yang menjaga kadar kolesterol mendapatkan pilihan susu yang lebih aman untuk dikonsumsi. Manfaat lain dari susu kambing murni setelah menjaga kadar kolesterol adalah kemampuannya untuk mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) serta serangan jantung dan stroke.

 

8. Menjaga kesehatan dan kehalusan kulit

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk perawatan kulit yang terbuat dari susu kambing yang meliputi sabun mandi, lulur, losion, dan masih banyak lagi. Susu kambing yang kaya akan asam lemak, asam laktat, dan vitamin A dipercaya dapat memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

 

Jika Anda mencari produk perawatan kulit halus yang terbuat dari susu kambing mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Kandungan pH pada susu kambing sama persis dengan kulit manusia. Oleh karena itu, tidak akan membahayakan kulit dan cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Selain itu asam laktat yang ada dalam susu kambing menawarkan air yang maksimal ke kulit sehingga ideal untuk orang yang memiliki masalah dengan kulit kering. Komponen lain seperti asam lemak dan vitamin A mengandung kemampuan menyembuhkan permukaan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

 

9. Memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh

Sebuah penelitian dari tahun 2002 membuktikan bahwa mengkonsumsi susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari sumber makanan sehingga berfungsi lebih efisien. Susu sapi berbanding terbalik yang mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap tembaga dan besi bersamaan dengan makanan lainnya. Kesimpulannya, dikatakan bahwa diet yang dilengkapi dengan segelas susu kambing akan membantu tubuh menyerap semua nutrisi dalam makanan tanpa kehilangan semuanya.

 

10. Membantu Anda tidur lebih nyenyak

Apakah Anda berjuang untuk tidur? Minumlah segelas susu kambing hangat, sebelum memejamkan mata sebelum tidur. Asam amino triptofan yang terdapat pada susu kambing sangat membantu dalam produksi hormon serotonin tubuh. Hormon serotonin sangat penting untuk menjaga stabilitas mood sekaligus meningkatkan relaksasi. Ini juga bertanggung jawab untuk membantu memproduksi hormon melatonin yang juga dikenal sebagai hormon tidur. Oleh karena itu, meminum susu kambing sebelum tidur dipercaya dapat membantu Anda lebih cepat tertidur dan beristirahat dengan lebih nyenyak.

 

Anda tidak dapat memungkiri keunggulan dari susu kambing murni dan produk-produk yang dibuat darinya, karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya cukup besar. Keunggulannya dibandingkan susu kambing dengan susu sapi atau susu nabati lainnya telah dibuktikan secara klinis. Dalam hal persentase natrium, kalsium protein, magnesium, fosfor, dan kalium, tidak ada yang bisa dibandingkan dengan susu kambing. Jadi, Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk menggunakan susu kambing sebagai tambahan kebutuhan nutrisi harian Anda. Banyaknya manfaat susu kambing murni sangat cocok untuk keluarga seperti anda untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mampu mengurangi berbagai jenis penyakit mematikan, misalnya kolesterol, stroke, dan serangan jantung. Selain melindungi dari dalam, manfaat susu kambing murni adalah sebagai tambahan.

 

Dari luar, Anda bisa melihat gigi yang sehat dan penampilan kulit yang bercahaya, lembap, dan lembut yang menyempurnakan penampilan Anda dalam bertindak. Meskipun menemukan susu kambing murni bukanlah tugas yang mudah, sangat mungkin untuk menemukan peternakan terpercaya yang memproduksi dan menjual keju kambing beku, dingin, botol serta bubuk dengan harga bervariasi. Harga keju kambing yang bisa didapatkan di pasaran adalah Rp. 44.000-85.000/200 gram untuk susu kambing murni bubuk. Rp. 6.600-10,00 per 200ml chsusu kambing sakit atau beku. Jika membandingkan harga susu kambing atau sapi, bisa jadi justru lebih mahal. Dengan nilai gizi susu kambing yang lebih tinggi dari susu sapi atau susu nabati, biaya yang ditawarkan sebanding dengan manfaat kesehatan yang didapat darinya.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Aplikasi Facebook Suite Beserta Fiturnya

4 Rekomendasi Model Sepatu Wanita dan Fungsinya

Metode Mengukur Celana : Kaye Brothers Tailor Part 4